Visi dan Misi Pendidikan Bahasa Inggris

PROGRAM STUDI Pendidikan Bahasa Inggris

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan


 

Visi dan Misi

 Menjadi pusat pengembangan model pembelajaran Pendidikan Bahasa Inggris yang inovatif dan kreatif serta menghasilkan calon guru yang berkualifikasi tinggi pada tahun 2025.

 

Misi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu terutama dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa Inggris yang mampu mengembangkan dan meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan tugas-tugas kependidikan/ keguruan secara berkualitas dan berwawasan ilmiah serta menguasai IPTEKS yang dapat dijadikan dasar untuk menerapkan ilmu pengetahuan, khususnya Bahasa Inggris.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pengembangan kemampuan guru dan tenaga pendidik lainnya serta kepentingan masyarakat luas terutama dalam bidang Bahasa Inggris.
  4. Melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pembinaan iman dan taqwa.
  5. Menjalin kerjasama dengan instransi pemerintah dan swasta baik di dalam maupun luar negeri untuk kepentingan pendidikan, riset, pengabdian pada masyarakat, dan penggalian sumber dana.

Sasaran dan Tujuan

 

Kemudian tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik yang berkualitas, kreatif, inovatif serta mempunyai kompetensi akademik dalam bidang (ilmu) Pendidikan Bahasa Inggris yang siap kerja dalam bidang kependidikan/keguruan pada tingkat SMP/MTs maupun SMA/MA/SMK.
  2. Meningkatkan kompetensi guru dalam proses pembelajaran bahasa Inggris.
  3. Meningkatkan aktivitas penelitian di bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang berdaya saing bagi pengembangan dunia pendidikan.
  4. Peningkatan dan pengembangan sumberdaya manusia yang berkarakter.

Sasaran

  • Peningkatan kegiatan tridarma perguruan tinggi.
  • Optimalisasi sarana belajar dan praktek (micro teaching) untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme sebagai seorang sarjana pendidikan.
  • Peningkatan kemampuan yang cukup untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  • Melaksanakan riset terapan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan.
  • Meningkatkan penelitian sesuai dengan perkembangan dalam bidang
  • Mengembangkan kerjasama dengan instansi pemerintah maupun swasta, baik di dalam maupun luar negeri untuk kepentingan pendidikan, riset, pengabdian pada masyarakat, dan penggalian sumber dana.
  • Melaksanakan program pengabdian pada masyarakat dengan melibatkan mahasiswa.

Kurikulum

Kode Matakuliah Nama Matakuliah Kelompok Matakuliah Pilihan Jumlah SKS
17UQB150200121 Pendidikan Agama MKU - 2
17UQB150200221 Pancasila MKU - 2
17UQB150200321 Speaking I MKU - 2
17UQB150200421 Reading I MKU - 2
17UQB150200521 Structure I MKU - 2
17UQB150200621 Pronunciation I MKU - 2
17UQB150200721 Translation I MKU - 2
17UQB150200821 Listening I MKU - 2
17UQB150200921 Writing I MKU - 2
Total SKS 18
Kode Matakuliah Nama Matakuliah Kelompok Matakuliah Pilihan Jumlah SKS
17UQB150201022 Bahasa Indonesia MKU - 2
17UQB150201122 Pendidikan Kewarganegaraan MKU - 2
17UQB150201222 Speaking II MKU - 2
17UQB150201322 Reading II MKU - 2
17UQB150201422 Structure II MKU - 2
17UQB150201522 Pronounciation II MKU - 2
17UQB150201622 Translation II MKU - 2
17UQB150201722 Phonetics and Phonology MKU - 2
17UQB150201822 Listening II MKU - 2
17UQB150201922 Writing II MKU - 2
Total SKS 20
Kode Matakuliah Nama Matakuliah Kelompok Matakuliah Pilihan Jumlah SKS
17UQB150202023 Etika MKU - 2
17UQB150202123 Magang I MKU - 1
17UQB150202223 Speaking III MKU - 2
17UQB150202323 Reading III MKU - 2
17UQB150202423 Structure III MKU - 2
17UQB150202523 Listening III MKU - 2
17UQB150202623 Writing III MKU - 2
17UQB150202723 Secretariship MKU - 2
17UQB150202833 Intro to Linguistics MKU - 2
17UQB150202913 Intro to Literature MKU - 2
Total SKS 39
Kode Matakuliah Nama Matakuliah Kelompok Matakuliah Pilihan Jumlah SKS
17UQB150203024 Listening IV MKU - 2
17UQB150203124 Writing IV MKU - 2
17UQB150203224 Speaking IV MKU - 2
17UQB150203324 Reading IV MKU - 2
17UQB150203424 Structure IV MKU - 2
17UQB150203524 Curriculum & Material Development Basic MKU - 2
17UQB150203624 Syntax MKU - 2
17UQB150203734 Belajar dan Pembelajaran MKU - 3
17UQB150203834 Pengantar Pendidikan MKU - 3
Total SKS 20
Kode Matakuliah Nama Matakuliah Kelompok Matakuliah Pilihan Jumlah SKS
17UQB150203925 Perkembangan Peserta Didik MKU - 2
17UQB150204025 Adm & Supervisi Pendidikan MKU - 2
17UQB150204125 Profesi Kependidikan MKU - 2
17UQB150204225 TEFL MKU - 2
17UQB150204325 Tourism MKU - 2
17UQB150204425 Curriculum & Material Development Application MKU - 2
17UQB150204525 Vocabulary MKU - 2
17UQB150204625 Morphology MKU - 2
17UQB150204725 English For Specific Purposes (ESP) MKU - 2
17UQB150204825 Cross Cultural Understanding MKU - 2
Total SKS 20
Kode Matakuliah Nama Matakuliah Kelompok Matakuliah Pilihan Jumlah SKS
17UQB150204926 Discourse Analysis MKU - 2
17UQB150205026 Enterpreneurship MKU - 2
17UQB150205126 Seminar On Language Teaching MKU - 2
17UQB150205226 Sociolinguistics MKU - 2
17UQB150205326 Language Testing MKU - 2
17UQB150205426 Micro Teaching MKU - 2
17UQB150205526 Functional Grammar MKU - 2
17UQB150205626 Instructional Media MKU - 2
17UQB150205726 Semantics MKU - 2
Mata Kuliah Pilihan* Mata Kuliah Pilihan* MKU - 2
Total SKS 20
Kode Matakuliah Nama Matakuliah Kelompok Matakuliah Pilihan Jumlah SKS
17UQB150205837 Research Methodology MKU - 3
17UQB150205937 Scientific Writing MKU - 3
17UQB150206027 Intro to Psycholinguistics MKU - 2
17UQB150206127 Pragmatics MKU - 2
17UQB150206227 Magang Terapan MKU - 2
17UQB150206337 TOEFL MKU - 3
17UQB150206437 English For Young Learners MKU - 3
17UQB150206527 Poetry MKU - 2
Total SKS 20
Kode Matakuliah Nama Matakuliah Kelompok Matakuliah Pilihan Jumlah SKS
17UQB150206618 Seminar Proposal MKU - 1
17UQB150206718 Seminar Hasil MKU - 1
17UQB150206848 Skripsi MKU - 4
17UQB150206938 Field Research MKU - 3
Total SKS 9
Total SKS Keseluruhan 146