Sosialisasi Penerapan Sistem Layanan Online Di Lingkungan Universitas Quality Berastagi

           Universitas Quality Berastagi sebagi salah satu PTS yang terdapat di Kabupaten Karo terus berupaya secara terus menerus mengembangkan sistem layanan kepada civitas akademika. Di era digital saat ini semua sistem dan layanan dituntut berbasis online sebagai efesiensi dan keefektifan sistem pelayanan. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan sosialisasi kepada seluruh fungsionaris, dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Universitas Qulaity Berastagi.

           Kegiatan terebut dibuka langsung oleh Rektor Prof. Dr. Erna Frida M.Si pada hari Senin 24 November 2021 di Aula Universitas Quality Berasatagi, kegiatan tersebut dihadiri BPH YBBS, Jainal Togatorop,M.Pd sebagai Staf Ahli Rektor, Ferdinad Sinuhaji, M.Si sebagai Ketua LPMI, Dekan, Gugus Penjaminan Mutu Fakultas, Kaprodi serta tenaga kependidikan dan seluruh dosen.

           Sosialisasi dipaparkan secara langsung oleh koordinator IT Bapak Chandra Kosasih, S.T dan tim IT Universitas Quality Berastagi. Universitas Quality Berastagi melakukan sosialisasi dalam hal layanan dan operasional  menuju 100% online untuk layanan yang diantaranya website utama universitas, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI), Portal, Layanan Moral Etik, Pelayaanan Online E-Learning dan Perpustakaan. Layanan-layanan tersebut diharapkan dapat terealiasi dengan baik sesuai dengan program pengembangan universitas. Layanan tersebut dirancang dengan detail berdasarkan kebutuhan di universitas dan memudahkan dalam pelaksanaan kegiatan civitas akademika.

          Layanan digital yang tersedia menjadikan kemudahan bagi setiap penggunanya dan menerima informasi dengan  cepat, nantinya semua layanan dan pendokumentasian berbasis digital. Hal ini juga mendorong kelembagaan untuk berpacu secara sinergi dalam melakukan sistem layanan online. Salah satunnya ialah LPMI mengarsiokan dokumennya di sistem website http://lpmi.uqb.ac.id/ seperti RPS, Kurikulum, PPEPP dan dokumen lainnya. Untuk LPPM pengajuan penelitian dan PkM dosen akan diajukan melalui http://lppm.uqb.ac.id/, publikasi dosen juga dapat diakses di laman tersebut.

          Pelayanan pengajaran dapat dilakukan secara E-Learning melalui http://portaluqb.ac.id:202/moodle/ yang mana telah banyak fitur-fitur yang sangat baik dan praktis digunakan dalam pengajaran. Hal ini telah digunakan pada masa pandemi hingga jangka panjang ke depan yang terus dikembangkan sistemnya oleh tim IT. Dalam hal layanan kepada mahasiswa maupun dosen dapat akses melalui layanan terpadu online. Layanan digital yang telah dibuat diantarnaya;

          Melalui layanan digital ini akan menajdikan sistem yang terstruktur dan tersistem secara online sehingga pelayanan dapat dilakukan dimanapun. Bahkan dalam hal urusan surat-menyurat dapat dilakukan secara online sehingga bagi mahasiswa yang ingin melakukan proses administrasi tidak perlu datang secara langsung ke kampus karena layanan digital sudah dapat dilakukan.

          Era digital menuntut semua sistem harus serba cepat dan mudah, bahkan sistem akreditasi perguruan tinggi ke depan akan dilakukan secara digitalisasi, untuk itu Universitas Quality Berastagi mempersiapkan diri akan hal tersebut sebagai antisipasi dan persiapan perkembangan dan perubahan di masa yang akan datang.

Berita lain